Sabtu, 07 Maret 2015

Sneak Peek: Wedding

hello guys...
gila ya, ga berasa udah hampir setahun gue gak update blog.

di tahun 2015 ini, tiap bulan gue kondangan anggota KUSI.
bayangiiin...
januari ada, februari ada, maret ada.

sebenernya gak perlu se-shock itu sih hahaha
tapi gue amazed aja, perjuangan mereka nabung nikah udah berakhir. (lanjut ke perjuangan berikutnya).
mereka nabung nikah berapa lama ya?



gara2 mereka, gue jadi nge-kepo-in harga sewa gedung, catering, contoh dekorasi, MUA, dll.
terus gue juga baca2 blog wedding preparation.
semakin banyak yang gue baca, semakin gue amazed dengan harga nya hahaha
yang bikin kesel tuh ketika gue bikin perbandingan.. harga sewa gedung/catering x di tahun 2011 dan 2014 itu beda lumayan jauh, kesel kaan
kenaikan harga barang karena inflasi gak sebanding dengan kenaikan nominal tabungan *curcol*

untuk preparation, ada 2 approach:
1. cari catering murmer yang recommended dan tanya gedung rekanan mereka atau
2. cari gedung, lalu tanya vendor catering rekanan nya apa aja

karena gue masih gak tau venue nya mau dimana. gue pake approach 1.
harga catering dipengaruhi oleh jumlah undangan.
iseng2 gue bikin list siapa aja yang nanti bakal gue undang.
yaa... lo tau gue lah. temen gue gitu2 doang.
tapi ternyata.... setelah gue list. kok lebih dari 100 orang yaa hmm
gue yang kayak gini aja ada 100an orang yang wajib gue kasih undangan, diluar keluarga. apalagi cami yang temen nya ada banyak banget itu? hemmmm....

oke taro lah jatah buat gue 200 undangan.
cami? gak mungkin dong 200. keluarga dia juga banyak, temen nya apa lagi. taro deh 300 buat dia.
500 undangan cuy, asumsi 1 undangan yang dateng 2, berarti gue mesti pesen catering untuk 1000 pax.
padahal rumus yang bener : (x = 2 * total undangan) lalu (  x = x + 20% * x)
tapi yaa anggap lah gak semuanya dateng. jadi bisa subsidi silang

dimulai lah pencarian catering di gedung, cari yang paket all in udah termasuk dekor, mua, bridal dll.
gue langsung fokus untuk acara gedung karena rumah gue sangat tidak memungkinkan  ^^v
harga paling murah per 2015 awal yang bisa gue temukan adalah 65 jutaan belum termasuk sewa gedung.
dan itu masih harga catering basic, yang asumsi nya ga ada charge dari gedung pilihan.
harga catering tergantung dari gedung yang dipilih.
kenapa bisa beda2? karna ada beberapa gedung yang kasih charge kalo gak pake vendor rekanan.
lumayan kaann... bikin lu manyun hahaha

65 juta itu baru paketan basic, kalo lo mau nambah dekorasi maple tree / sakura tree, ya nambah lagii. belum lagi budget untuk sewa gedung, cincin, seserahan, mahar, cetak undangan, souvenir, seragam keluarga, dll. lo butuh min 100 jutaa.

di sisi lain gue mikir.
ini acara kan cuma buat sehari. tapi nguras tabungan berbulan2. worth it ga sih?
dengan uang sejumlah itu, lo bisa pake untuk dp rumah atau dp mobil yang jelas barangnya dan bisa dimanfaatkan jangka panjang.
sedangkan pesta resepsi hanya meninggalkan foto dan tagihan.

toh nikah sebenernya cuma perlu ke KUA terus pulang juga udah sah.
jadi kesimpulannya, faktor apa yang bikin nikah jadi mahal?
bukan nikah nya yang mahal, tapi resepsi nya hahhaha

tapi siapa sih yang gak pengen 'dipestain' ?
pinter2 kita lah, ngatur gimana caranya tetep dipestain dengan budget sekian.
mungkin bisa dimulai dari menyeleksi ulang list undangan.
gue jadi inget advice dari kakak nya temen gue:
undang orang yang berpotensi kasih amplop banyak
gak usah gue jelasin lah ya, 'amplop' yang dimaksud itu yang kayak gimana :P

coba baca ini deh.. gue bacanya ketawa2 hahahha
[Share] Hati2 dgn buaian vendor pernikahan, expo pernikahan, dan ego pasangan

oh ya, gue nemu gambar yang menginspirasi dari 9gag. judul post nya : My friend and his wife own three houses. This was his advice. baca komen nya yaa, penuh kontroversi hihihi


#nowplaying
Marketa Irglova - Now You Know [ lyric ]
Sam Smith - Lay Me Down [ video - lyric]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar