Jumat, 24 Februari 2012

Cari Kerja - What I (He) Want(s)

He nya refer ke siapa?
siapa lagi kalo bukan kk gw alias Aka. haha

semuaa mesti melalui persetujuan dia.
dan gw, dengan nurut nya selalu mengiyakan.

di saat gw galau, tanggal 18 feb, Tipe Darah menulis
Pengen deh nanti punya anak TipeDarah O, penurut, meski suka bercanda, tapi juga bisa asik diajak serius.
penurut? apa maksudnya? kok gw tersungging. saking nurut nya ama Aka, gw nolak 2 tawaran kerja -,-

setelah melalui cerita yang panjang. akhirnya gw dapet kerja. yippi :D
gw sama sekali ga nyangka gw bisa dapet kerja, mengingat gw yang suram ini. yang ga tau mau jadi apa. kenapa gw bilang suram, karena gw punya misi tapi ga punya visi. dong dong dong

kemudian gw memutuskan untuk menjadi Analis. dan setau gw, untuk menjadi seorang analis, gw mesti menjadi seorang developer. cita2 yang rendah sebenernya. karena di atas Analis masih ada Manager. tapi untuk saat ini, gw mengincar posisi Analis maksimal 2 tahun dari sekarang.

mari inget2 masa galau kerjaan sebulan terakhir ini. pernah suatu hari, temen2 gw pada interview, temen gw yang lain udah kerja, dan gw doang yang ga ada agenda apapun. galau nya setengah mampus. gw cerita ke pacar gw, dia selalu bilang kalau setiap orang punya jalannya masing2. selalu begitu. mungkin dia bosen denger gw ngeluh mulu kali yak hahaha

pada post hari jumat kemarin gw cerita galau ambil Emerio atau ngga. minggu ini minggu yang panjang.

  • Senin : interview di Infotech. bilang ke ka sherina kalau gw menolak tawaran Emerio
  • Selasa : di telpon Infotech untuk datang tanda tangan kontrak yang artinya gw diterima.
  • Rabu : paginya gw dateng ke Infotech dan gw menolak tawaran Infotech. sore nya di saat gw masih menyesali menolak tawaran Infotech, gw di telpon Emerio untuk ngobrol2 lagi ama orang HR nya
  • Kamis : ke Emerio dan diberikan penawaran yang menarik yang akhirnya gw setuju. di hari itu, gw ttd kontrak


saat menolak Emerio yang pertama, gw ga gitu nyesel karena gw masih punya Infotech. tapi pas nolak Infotech, rasanya nyeseeel.  dari senin, gw udah ngirim apply ke tempat lain tapi ga ada kabar. mungkin itu yang membuat gw menyesal menolak Infotech. Tapi kalo rejeki emang ga kemana hehe gw sama sekali ga nyangka kalo Emerio masih berminat ama gw. hehe

berikut tips untuk kamu-kamu yang lagi "galau kerja" :
1. pantengin Jobstreet.com Jobsdb.com setiap hari dan kirim email ke job yang kalian minat
2. kalau keesokan hari nya tidak ada telpon, ikhlasin semua email yang udah dikirim.
3. hp jangan di silent, pasang volume yang cukup terdengar dan aktifkan mode vibrate. buat yang males ngangkat kalo ada telpon dari nomor ga jelas, mulai sekarang angkat! atau kalian akan menyesal haha
4. pada saat interview, pasang senyum dan jangan biarkan suasana hening. jadilah orang bawel. kalau ditanya, jawab yang panjang, kalau perlu curhat colongan. tapi mesti jujur. intinya: jadilah diri sendiri.
5. jangan biarkan lo kerja di tempat yang direkomendasikan oleh sodara baik itu kakak, ipar, om, tante, dll. usaha sendiri dulu. yakin, lo pasti bisa dapet kerja tanpa bantuan mereka.

sebenernya gw agak takut untuk menghadapi dunia kerja. gw takut ga bisa mempertanggung jawabkan ipk. pas interview di Infotech aja gw ditanya "kamu bisa mempertanggung jawabkan ga nih?" seehh gw jawab aja "bisa" dengan nada sok2 diyakin2in dan sambil nyegir2 haha

tapi sih gw sekalian cerita kalo gw cuma menang strategi. dari pertemuan awal kan udah ketauan tuh tipe2 si dosen dan apa yang akan dipelajari, ya gw fokus disitu.

sebelum gw akhiri, gw ada tips untuk kalian yang ingin menandatangi kontrak kerja
1. masa kontrak harus jelas. dan prosedur kalau kontrak habis. dan bagaimana supaya menjadi karyawan tetap.
2. jenjang karir harus jelas. ini penting, ya kali lo ga naek2.
3. benefit yang di dapat. kayak salary kotor, salary bersih, tax, tunjangan (makan, transport, kesehatan (reimburse/kartu asuransi), lembur)
4. terakhir yang ga kalah penting : pertimbangan jarak antara rumah dengan kantor.

well, good luck guys :) selamat menempuh hidup baruu *eh

#nowplaying
Lea Salonga - You Light Up My Life
Adele - Set Fire To The Rain [lyric]


1 komentar:

  1. pagi ka hayati.. salam kenal saya Hasni dari Bogor. :)
    berarti sekrang sudah kerja di emerio ya? selamat.
    oya, kemarin saya dapat telpon dr emerio, -kalo jadi- rabu depan ketemu sama user.
    tapi saya kan belum ikut tes ama interview kayak yg udah kakk ceritakan di artikel satunya. mnurut kk, itu tesnya pas ketemu sama usernya apa gimana ya?

    BalasHapus